Materi Pelajaran - Memahami Pengertian Email

Admin November 24, 2017
Sobat sekalian, pada kesempatan kali ini kita akan belajar memahami pengertian email. Email adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Para pengguna e-mail memiliki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver. Suatu Mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya, baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. Pesan yang diterima akan ditampung dalam mailbox.

Selanjutnya, pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, atau menyunting dan mengirimkan pesan e-mail. Layanan e-mail biasanya dikelompokkan dalam dua basis, yaitu e-mail berbasis client dan e-mail berbasis web. Bagi pengguna e-mail berbasis client, aktivitas per-emailan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak e-mail client, misalnya Outlook Express atau Mozilla Thunderbird. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan e-mail secara offline (tidak tersambung ke internet). Dengan demikian, biaya koneksi ke internet dapat dihemat. Koneksi hanya diperlukan pada saat akan melakukan pengiriman (send) pesan atau menerima (receive) pesan e-mail dari mailbox.

Memahami Pengertian Email
Memahami Pengertian Email

Sebaliknya, bagi pengguna e-mail berbasis web, seluruh kegiatan per-email-an harus dilakukan melalui suatu situs web, artinya Sobat sekalian harus terhubung terus ke internet. Dengan demikian, untuk menggunakannya haruslah dalam keadaan online. E-mail berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis seperti google mail (www.gmail.com) atau Yahoo Mail (mail.yahoo.com). Beberapa pengguna e-mail dapat membentuk kelompok tersendiri yang diwakili oleh sebuah alamat e-mail.

Penyelenggara layanan email gratis seperti google menawarkan ruang penyimpanan yang cukup luas sampai dengan 15 GB untuk layanan seperti gmail, google drive, google plus, dan lain-lain dan google juga akan terus meningkatkan ruang penyimpanan gratis ini untuk memberikan kepuasan kepada pengguna layanan google. Dengan mendaftarkan diri untuk menggunakan salah satu layanan google, kita sekaligus sedang membuat akun untuk layanan google lainnya.

Setiap e-mail yang ditujukan ke alamat e-mail kelompok akan secara otomatis diteruskan ke alamat e-mail seluruh anggotanya. Kelompok semacam ini disebut sebagai milis (mailing list). Sebuah milis didirikan atas dasar kesamaan minat atau kepentingan dan biasanya dimanfaatkan untuk keperluan diskusi atau pertukaran informasi di antara para anggotanya. Saat ini, salah satu server milis yang cukup banyak digunakan adalah Yahoogroups dengan alamat situsnya www.yahoogroups.com.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar Pengunjung