Materi Pelajaran - Memahami Jenis-Jenis Data

Admin November 24, 2017
Data merupakan bahan baku utama dalam penyusunan informasi. Ada beberapa jenis data yang dibutuhkan dalam suatu penelitian dilihat dari berbagai sudut pandang. Sobat Demen Belajar berikut ini beberapa jenis data tersebut berdasarkan:

CARA MEMPEROLEH
Berdasarkan cara memperolehnya data dibagi menjadi data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dari sumber aslinya, atau langsung dari sumber pertama. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh bukan dari sumber asli atau sumber pertama.

SUMBER
Berdasarkan sumbernya data dibedakan menjadi data internal dan data eksternal. Data internal adalah data yang menggambarkan keadaan di dalam suatu organisasi. Sedangkan data eksternal adalah data yang menggambarkan keadaan di luar organisasi.

Memahami Jenis-Jenis Data
Memahami Jenis-Jenis Data

SIFAT
Berdasarkan sifatnya data dibedakan menjadi data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang tidak dapat ditampilkan atau diwujudkan dengan angka, huruf, indeks, dan lain-lain. Sedangkan data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka, tabel, indeks, huruf, atau dapat disebut sebagai data yang bersifat numerik.

WAKTU PENGUMPULAN
Berdasarkan waktu pengumpulannya data dibedakan menjadi Cross-Section data dan Time Series data. Cross-Section data adalah data yang dikumpulkan pada waktu tertentu dengan tujuan untuk menggambarkan keadaan pada saat itu juga (saat pengambilan data). Sedangkan Time Series data adalah data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk menggambarkan suatu pertumbuhan atau perkembangan.

PENAFSIRAN
Berdasarkan penafsiran atau interpretasinya, data dibedakan menjadi data faktual dan data non-faktual. Data faktual adalah data yang diperoleh dari subjek berdasarkan asumsi bahwa subjeklah yang lebih mengetahui keadaan sebenarnya dan peneliti sepakat bahwa data yang akan diperoleh termasuk data yang valid. Sedangkan data non-faktual adalah data mengenai subjek penelitian yang masih perlu digali secara tidak langsung melalui cara-cara pengukuran dan pembuktian lainnya yang relevan karena subjek tidak mampu memberikan informasi yang utuh.

Sobat sekalian, demikianlah jenis-jenis data dilihat dari berbagai sudut pandang. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Sobat yang sedang melakukan penelitian atau sedang mempelajari tentang penelitian. Selamat belajar ya dan semangat selalu.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar Pengunjung